PENGUKUHAN DATUAK HINDARI KERUMUNAN CEGAH COVID-19

7
Agar tak menimbulkan kerumunan dan menjadi cluster penyebaran covid-19, acara pengukuhan datuk nagari bawan kabupaten agam, digelar di kota padang panjang.
Seperti biasanya, setiap acara pengukuhan datuak di minangkabau , akan mendatangkan ribuan orang, karena datuak adalah seorang yang sangat dihormati oleh kaumnya . hal itu dikhawatirkan akan menimbulkan cluster baru penyebaran virus corona, karena sulitnya membatasi orang yang datang menyaksikan ritual adat tersebut.
Agar kekhawatiran itu tidak terjadi, ninik mamak di kanagarian bawan kabupaten agam memilih untuk menggelar upacara adat tersebut di daerah lain, yaitu di kota padang panjang. pasalnya, pengukuhan tiga orang datuak ini mendesak dilakukan, untuk menghindari kekosongan kepemimpinan dari suku sikumbang, suku chaniago dan suku tanjunang di daerah itu.
Dengan digelar di luar kabupaten agam, acara pengukuhan yang tergolong sederhana ini, hanya mendatangkan orang orang yang berkepentingan sebagai syarat utama terlaksananya pengukuhan gelar datuak . dimulai dengan kata kata pasambahan, dilanjutkan dengan pemasangan saluak di kepala sebagai mahkota, dan sebilah keris sebagai simbol alat untuk menjaga kaum serta harta pusaka dan ulayatnya.

Biasanya, acara pengukuhan datuak di minangkabau digelar dengan baralek gadang dengan menyembelih seekor kerbau dan mendatangkan ribuan orang. namun ditengah kondisi pandemi covid-19 sekarang ini, kegiatan semacam itu tentu beresiko menimbulkan kerumunan dan penularan virus corona di tengah masyarakat.